Jumat, 16 Maret 2018

TEMBAGA



APA ITU TEMBAGA ?




Tembaga merupakan salah satu hasil tambang. Tembaga merupakan konduktor panas dan listrik yang baik. Selain itu unsur ini memiliki korosi yang cepat sekali. Tembaga murni sifatnya halus dan lunak, dengan permukaan berwarna jingga kemerahan. Tembaga dicampurkan dengan timah untuk membuat perunggu.

Tembaga, perak, dan emas berada pada unsur golongan 11 pada tabel periodik dan mempunyai sifat yang sama: mempunyai satu elektron orbital-s pada kulit atom d dengan sifat konduktivitas listrik yang baik. Tembaga juga dapat mencegah beberapa penyakit kardiovaskular. Ia dapat menurunkan kadar kolesterol rendah, dan menghambat perkembangan aterosklerosis dan aneurisma aorta dengan menjaga kolagen dan elastin serat sehat. Tidak hanya itu tembaga juga dianggap mampu mengatasi detak jantung yang tidak normal serta tekanan darah tinggi.

Tembaga berfungsi membantu mensuplai jantung dengan oksigen dan darah yang sehat . Tembag bersama zat besi membantu respirasi dan sintesis hemoglobin. Tidak hanya itu, tembaga diyakini diperlukan untuk penyimpanan, penggunaan, dan melepaskan zat besi dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin dalam sel darah merah. Oleh karenanya, tembaga kadang-kadang juga dijadikan obat dalam mengatasi penyakit anemia.





SEJARAH TEMBAGA DI INDONESIA

Tidak banyak catatan sejarah tentang tambang tembaga di indonesia
Zaman tembaga merupakan salah satu periode dari zaman logam. Zaman ini mempunyai ciri, yaitu penggunaan tembaga sebagai bahan pembuatan alat-alat kehidupan masyarakat. Zaman tembaga ini tidak pernah berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia, zaman tembaga berkembang di semenanjung Malaya, Kamboja, Thailand, Vietnam.

di indonesia sendiri penambangan tembaga dilakukan secara besar besaran oleh PT FREEPORT indonesia

Tambang tembaga FREEPORT berada di Kecamatan Tembagapura yaitu kecamatan yang terletak di Kabupaten Mimika, Papua, Indonesia.Di daerah yang terdapat dua gunung di mana terdapat dua tambang besar tambang tersebut adalah tambang Ertsberg (tambang tembaga) di Gunung Erstberg dan tambang Grasberg di Gunung Grasberg yang pada dasarnya tambang dengan cadangan tembaga terbesar ketiga di dunia  PT. Freeport Indonesia adalah kuasa penambangan dalam mengoperasikan dua tambang ini. Daerah ini terletak pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut atau 6.600 kaki di Mile 68 di jalan Freeport.

Pada tahun 1970-1972 semasa awal konstruksi oleh Freeport Indonesia daerah ini dinamakan kota tembagapura tepatnya pada tanggal 3 maret 1973. Kompleks apartemen di Hidden Valley (Aing Bugin). Hidden Valley merupakan kota satelit dari Tembagapura, terletak pada ketinggian 7.000 kaki dengan jarak sekitar 2 mil lewat dari pemukimaman pemukiman tembagapura.

Sementara dalam hal produksi bahan galian di dua wilayah ini. Wilayah penambangan di erstberg dan grasberg itu, Secara garis besar, dieksploitasi pada 2 periode, yaitu periode Ertsberg (1967-1988) dan periode Grasberg (1988- sekarang). Potensi bijih logam yang dikelola Freeport pada awalnya hanya 32 juta ton, sedangkan sampai tahun 1995 naik menjadi hampir 2 miliar ton atau meningkat lebih dari 58 kali lipat. Data tahun 2005 , potensi Grasberg sekitar 2,822 juta ton metrik bijih.

tambang emas yang terletak di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua inilah tambang emas terbesar yang ada di dunia, menurut majalah Mining International pada tahun 2007 tambang ini berpenghasilan $6255 miliar
Perusahaan ini sahamnya dimiliki PT.Freeport Indonesia anak perusahaan dari Freeport Mcmooran-Cooper & Gold Inc. Awal perjanjian dengan pemerintah Indonesia sekitar tahun 1967 di era Presiden Soeharto Freeport mulai menambang tembaga, kemudian emas, dengan hasil sampai saat ini 74 juta TON.

DAERAH TAMBANG TEMBAGA DI INDONESIA

Perlu diketahui bahwa daftar ini diperoleh dari data pemerintah terkait bidang energi dan sumberdaya mineral (ESDM) maupun berdasarkan data yang dikeluarkan oleh badan pusat statistik Indonesia (BPS).

Daftar daerah penghasil tembaga ini meliputi keberadaan tembaga baik itu yang telah atau sementara dalam tahapan inventarisasi (eksplorasi) maupun telah masuk dalam tahapan produksi (tambang). Berikut adalah daftar nama-nama daerah penghasil tembaga di Indonesia:

KOTANOPANG, MANDAILING NATAL, SUMATERA UTARA.


SIEMPAT NEMPU HILIR DAN TANAH PINEM, DAIRI, SUMATERA UTARA.

SILUNGKANG, LUNTO, SUMATERA BARAT.

TASIKMALAYA, JAWA BARAT.

TULAKAN, PACITAN, JAWA TIMUR.

SEKONGKANG, SUMBAWA BARAT, NUSA TENGGARA BARAT.

SANAMAN MANTIKEI, KATINGAN, KALIMANTAN TENGAH.

DONGGALA, SULAWESI TENGAH.

BAOLAN, TOLI TOLI, SULAWESI TENGAH.

BONE, SULAWESI SELATAN.

KUALA KENCANA-TEMBAGAPURA, MIMIKA, PAPUA



TEMBAGA DI PAPUA


ingin mengetahui lebih dalam kisah  penemuan tambang emas di papua yang

kini di kelola freeport


Tidak ada komentar:

Posting Komentar