Sabtu, 17 Maret 2018

BIJIH BESI


APA ITU BIJIH BESI ?









Bijih besi merupakan batuan yang mengandung mineral-mineral besi dan sejumlah mineral gangue seperti silika, alumina, magnesia, dan lain-lain. Besi yang terkandung dalam batuan tersebut dapat diekstraksi dengan teknologi tertentu secara ekonomis (Hurlbut, 1971)


PEMANFAATAN BIJIH BESI


Apa saja manfaat dari besi (Fe) ?

Seperti sudah diketahui sebelumnya, besi memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan sehari – hari, terutama dalam bidang konstruksi, karena besi memiliki struktur yang kuat dan tangguh. Berikut ini adalah beberapa pemanfaatan dari unsur besi yang sering kita temui dalam kehidupan sehari – hari :

Bahan baku pembuatan besi baja dan kabel / kawat baja

Bijih besi murni yang dileburkan dan langsung dicetak tanpa campuran berbagai macam unsur lainnya akan membentuk besi baja. Besi baja dinilai memiliki kekuatan yang dangat baik dan sering digunakan sebagai penopang konstruksi – konstruksi dari proyek – proyek bangunan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari besi baja :

Sebagai penopang konstruksi bawah tanah
Sebagai rangka dari pembuatan gedung bertingkat
Sebagai struktur konstruksi jembatan
Kawat dan tali baja dapat digunakan sebagai alat pengangkut pada crane, dan alat Derek
Digunakan sebagai beberapa spare part kendaraan, seperti roda, bodi dan bagian lainnya, terutama pada kendaraan berat dan special.
Sebagai bahan dasar pembuatan tiang – tiang rambu lalu lintas dan LPJ ( lampu penerangan jalan )
Bjih besi yang dilebur dapat dicampur dengan unsur lain, seperti jenis alumunium untuk membuat tiang – tiang lampu jalanan dan rambu lalu yang kuat, namun ringan. Selain itu campuran ini juga dinilai ekonomis dan mudah dalam perawatan, serta memiliki ketahan terhadap korosi atau karat yang cukup bagus.

Sebagai bahan pembuatan besi tuang
Besi tuang merupakan salah satu jenis logam ferro. Logam ferro merupakan jenis logam yang dibuat dengan campuran antara besi dan karbon. Hasil campuran ini akan menciptakan logam yang sangat kuat dan tahan lama. Biasanya jenis besi tuang ini diaplikaskan dan dimanfaatkan untuk :

Alas mesin
Meja perata
Blok silinder pada mesin kendaraan dan mesin konstruksi
Cincin torak
Besi tempa
Beberapa bijih besi akan dicetak dengan ukuran – ukran tertentu dan dibuat menjadi lembaran lembaran. Hal ini diperuntukkan untuk keperluan besi tempa. Besi tempa merupakan jenis besi yang mengandung 99% bijih besi, yang akan dibuat menjadi suatu barang. Berikut ini adalah beberapa aplikasi dari besi tempa :

Sebagai bahan senjata, seperti keris dan pedang
Sebagai plat penambal lubang atau kebocoran pada konstruksi besi
Sebagai peyambung konstruksi besi (dengan cara di las)
Untuk pembuatan bracket – bracket atau dudukan
Pembuatan baja lunak
Berbeda dengan besi baja murni yang sangat kuat, terutama untuk pembuatan proyek konstruksi, baja lunak merupakan campuran antara bijih besi dengan karbon, dengan kandungan campuran karbon sebanyak 0.1 – 0.3%. biasanya jenis baja ini dapat ditempa, dan mudah dipotong dengan menggunakan gergaji tangan. Berikut ini beberapa pemanfaatan dari baja lunak :

Pembuatan mur, sekrup, dan baut
Pembuatan perkakas, seperti obeng dan semacamnya
Pembuatan pipa – pia non pralon
Baja sedang
Merupakan jenis baja yang lebih keras dan kuat dibandingkan baja lunak. Baja sedang memiliki kandungan campuran besi dan karbon, dengan kadar karbon sebanyak 0.4 – 0.6%. Baja sedang ini sering dimanfaatkan sebagai alas dan poros dari peralatn berat. berikut ini beberapa manfaat dari baja sedang :

As roda dari alat berat dan beberapa truk besar
Membuat rel kereta
Alat tempa
Baja dengan campuran karbon yang tinggi dan tambahan campuran lainnya

Bijih besi yang dibuat menjadi baja jenis ini biasanya memiliki kandungan campuran karbon sebanyak 0.7 – 1.5 % dan juga biasanya sering ditambahkan campuran unsur lain, seperti nikel, kobalt, dan krom. Baja jenis ini memiliki kualitas yang baik dari segi kekuatan dan ketahanan dan biasanya anti karat. Berikut ini adalah beberapa pemanfaatan dari baja jenis ini :

Bahan dasar pembuatan perkakas berat, seperti gergaji, pahat, stempel.
Pembuatan mesin bubut dan peralatan untuk melakukan bubut, seperti bor dan gerinda
Pembuatan peralatan dan spare part dari mesin – mesin besar.
Sebagai aksesoris dan peralatan rumah tangga
Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan peralatan konstrukis, bijih besi juga dapat dimanfaatkan sebagai aksesoris dan peralatan rumah tangga. Banyak aksesoris dan peralatan rumah tangga yang dapat dibuat dengan menggunakan bijih besi, yang tentunya dicampur dengan unsur lain, seperti nikel, krom, tembaga dan lainnya. Berikut ini aksesoris yang memiliki bahan dasar besi :

Gelang, kalung dan cincin
Gagang kacamata
Pembuatan kunci rumah
Peraltan dapur
Sebagai bahan pembuatan rangka kendaraan
Bijih besi yang sudah menjadi besi juga dapat menjadi bahan baku pembuatan rangka kendaraan, seperti sepeda, motor dan mobil. Dengan menggunakan rangka dari bahan besi, kualitas kendaraan akan menjadi lebih baik, dan kuat, namun mudah mengalmi korosi alias karat, sehingga harus dirawat dengan tepat.

Itulah beberapa manfaat bijih besi dalam kehidupan sehari hari yang sangat membantu dalam berbagai industri kehidupan manusia. Semoga bermanfaat.



SEJARAH TAMBANG BIJIH BESI DI INDONESIA

Indonesia memiliki banyak lokasi endapan besi namun sumber dayanya masih tergolong pada kelas hipotetik dengan jumlah cadangan terbukti kecil akibat tidak dilakukannya eksplorasi rinci dan hingga saat ini belum terdapat pertambangan besi yang memasuki tahap studi kelayakan. Sedangkan kebutuhan bijih besi untuk industri baja di Indonesia meningkat tajam, seperti PT Krakatau Steel, BHP Steel dan Gunung Steel. Disamping itu juga banyak terdapat pabrik pengolahan besi skala kecil yang tersebar di sekitar Jawa Barat dan Jawa Timur. Sebagian besar industri baja tersebut sangat tergantung pada bahan impor. Contohnya, Krakatau Steel memerlukan 4,5 juta ton bijih besi magnetit per tahun yang diimpor dari Swedia dan Brazil, dan 8 juta ton besi spon dan scrap per tahun. Dengan kelangkaan bijih besi di pasar internasional dan meningkatnya kebutuhan dalam negeri, saat ini banyak aplikasi kuasa pertambangan bijih besi di berbagai daerah di Indonesia, terutama sejak dilaksanakannya otonomi daerah yang umumnya datang dari Republik Rakyat Cina.


DAERAH TAMBANG BIJIH BESI DI INDONESIA


Berikut ini tempat-tempat penghasil bijih besi di Indonesia.

1. Cilacap (pasir besi), Jawa Tengah.
2. Cilegon, Banten.
3. Gunung Tegak, Sulawesi Tengah.
4. Pulau Suwang, Kalimantan Selatan.
5. Longkana, Sulawesi Tengah.
6. Peg. Verbeek, Sulawesi Tengah.
7. Pulau Sebuku, Kalimantan Selatan.
8. Pulau Demawan, Kalimantan Selatan.

9. Lengkabana, Sulawesi Selatan.

1 komentar:

  1. Selamat Malam Boss
    Kami Dari HARTA POKER Ingin Mengajak Boss Gabung Di Situs Kami.
    Apabila Ingin Daftar Silahkan Inbox Kami ya bosku...
    Modal Kecil Aja Bisa Menang Berjuta-juta Bossku,
    Kalau Boss Tidak Percaya Boleh Segera Gabung Di Situs Kami
    Situs Kami Aman Dan Terpercaya Gampang Menang 100% Bossku..
    Di Tungu Kehadiran Anda Ya bosku...
    Silahkan Klik di bawah ini ya

    Film Seks


    Bandar Kiu


    Bandar Sakong

    Hubungi Kami di :
    Atas nama : David
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6281392775408

    BalasHapus