Sabtu, 17 Maret 2018

PERAK


APA ITU PERAK ?





Perak adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ag dan nomor atom 47. Lambangnya berasal dari bahasa LatinArgentum. Sebuah logam transisi lunak, putih, mengkilap, perak memiliki konduktivitas listrik dan panas tertinggi di seluruh logam dan terdapat dimineral dan dalam bentuk bebas. Logam ini digunakan dalam koin, perhiasan, peralatan meja, dan fotografi. Perak termasuk logam mulia seperti emas.
Dalam ilmu kimia, logam mulia adalah logam yang tahan terhadap korosi maupun oksidasi. Contoh logam mulia adalah emas, perak dan platina. Umumnya logam-logam mulia memiliki harga yang tinggi, karena sifatnya yang langka dan tahan korosi. Logam mulia sangat sukar bereaksi dengan asam. Sekalipun begitu, sebagian logam mulia (misalnya emas) dapat dilarutkan dalam akua regia, yaitu campuran pekat dari asam nitrat dan asam klorida. Semua logam mulia merupakan anggota dari logam transisi.


PERAK DI KEHIDUPAN KITA

Perak atau silver sendiri juga memiliki manfaat bagi manusia. Apa saja manfaat dari perak atau silver? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari perak atau silver :

1. Sebagai perhiasan selain emas

Manfaat perak paling utama adalah sebagai salah satu perhiasan. Perak tidak dapat mengalami korosi, sama seperti emas, namun dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan produk perhiasan dari emas. Karena itu, perak dapat menjadi salah satu alternative dari perhiasan, seperti cincin, gelang, kalung dan juga anting.

2. Sebagai Investasi

Perak juga dapat anda gunakan sebagai salah satu bahan investasi. Meskipun memiliki nilai yang lebih kecil dibandingkan harga emas, namun demikian harga perak cenderung lebih stabil, dan dapat anda jadikan salah satu investasi logam mulia yang menarik untuk kebutuhan anda kelak.

3. Sebagai ornament dan hiasan

Perak juga sering sekali dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuatan ornamen-ornamen dan juga hiasan pada rumah. Biasanya ornament dn juga hiasan ini dapat berupa pajangan.

4. Sebagai peralatan makan

Manfaat perak dalam kehidupan manusia juga digunkan sebagai salah satu bahan utama dari pembuatan peralatan makan, seperti garpu, sendok, sumpit dan juga cawan. Biasanya, peralatan makan degan bahan perak ini jauh lebih berkualitas daripada peralatan makan yang terbuat dari stainless steel biasa. Anda dapat menemukan peralatan makan dari bahan perak ini pada restoran fine dinning dan juga berbagai hotel bintang 5, yang menyajikan unsur kemewahan.

5. Sebagai penghantar listrik, pengganti kawat tembaga

Perak memilki konduktivitas listrik yang jauh lebih baik dibandingkan tembaga. Maka dari itu, perak dapat dimanfaatkan sebagai pengganti dari kawat listrik yang berbahan dasar tembaga. Hambatan yag lebih kecil membuat perak dapat membantu mengalirkan arus listrik menjadi lebih lancar dan juga lebih baik lagi.

6. Sebagai Mata busi

Busi merupakan salah satu komponen kecil yang sangat penting dalam kendaraan bermotor, seperti sepeda motor, mobil, alat berat dan juga genset. Busi berfungsi untuk mengalirkan listrik atau bunga api, agar dapat terbakar pada ruang pembakaran mesin, yang anntinya akan menyalakan mesin, dan mengeluarkan tenaga mesin. Salah satu bahan mata busi yang terbaik adalah busi silver, yang terbuat dari manfaat perak. Dengan hambatan yang kecil, maka bunga api yang dihasilkan akan menjadi lebih besar dan juga lebih baik untuk proses pembakaran di dalam mesin.

7. Sebagai bahan baku pembuatan medali

Anda pasti sudah sering mendengar mengenai hal ini. ya, medali emas, medali perak dan juga medali perunggu. Perak merupakan salah satu bahan utama pembuatan medali perak, yang dicampur beberapa unsur lain untuk menekan harga produksi dari medali tersebut. Biasanya medali perak diberikan untuk merka yang berada pada juara 2, atau di bawah emas. Hal ini memang menunjukkan kualitas perak, yang berada di bawah emas.

8. Bahan baku pembuatan uang koin

Salah satu manfaat dari perak yang saat ini mulai ditinggalkan adalah sebagai salahsa tu bahan pembuatan uang koin. Saat ini, uang koin sudah jarang dibuat dari perak, karena faktor biaya produksi. Namun demikian, perak pernah menjadi salah satu alat tukar berupa uang koin yan gsangat populer, yang bersanding dengan uang koin yang berbahan dasar emas untuk prosese transaksi jual beli.


Ion Perak Sebagai Suplemen


Salah satu hasil olahan dari perak adalah ion perak,yang dijadikan air, sehingga dapat dikonsumsi. Ion perak ini saat ini sudah mulai banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas, karena memilki banyak sekali manfaat kesehatan. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari olahan perak ini :

1. Dapat membantu melancarkan proses pencernaan 

– Ion perak ini dapat membantu melancarkan proses pencernaan pada tubuh anda. Hal ini dapat membuat anda terhindar dari gejala-gejala gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, wasir, dan sulit buang air besar.

2. Menangkal radikal bebas 

– Manfaat perak bagi kesehatan yang diolah menjadi ion perak ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti kanker, dan juga dapat mencegah penuaan dini dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Mengaktifkan kembali sel tubuh yang mengalami kerusakan 

– Manfaat lainnya dari ion perak adalah dapar membantu untuk mengaktifkan kembali sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan

4. Meregenerasi sel tubuh 

– Selain mengaktifkan sel tubuh yang mengalami kerusakan, ion perak juga dapat membantu untuk meregenerasi sel-sel tubuh.

5. Dapat mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka 

– Ion perak dapat membantu tubuh dalam mempercepat penyembuhan luka, dan juga dapat membantu mencegah munculnya infeksi pada bagian tubuh yang terluka.


6. Mencegah penyakit seperti pilek, flu dan batuk 

– Penyakit-penyakit ringan yang sering muncul, seperti flu, batuk, dan gangguan kesehatan lainnya juga bisa dicegah dengan menggunakan ion perak inI



Bagaimana dengan di Indonesia? 
sejarah tambang perak di indonesia  Mayoritas dari Anda tentu mengenal salah satu tambang perak terbesar, yang dikelola oleh PT. Freeport di Tembagapura, Papua yang masih beroperasi sejak tahun 1960 an, bukan itu saja penemuan mineral perak di perut bumi indonesia dimulai sudah sejak lama, ini di buktikan dalam berbagai penemuan tambang milik pemerintah kolonial, maupun milik rakyat.


SEJARAH TAMBANG PERAK DI INDONESIA

Pada awalnya Belanda datang di bumi Nusantara karena tertarik akan rempah-rempah khas seperti lada dan pala yang melimpah di negri ini. Dan kemudian Belanda juga mengeksploitasi kesuburan tanah Nusantara dengan membuka perkebunan aneka komoditas dengan menerapkan sistem tanam paksa yang sangat menyengsarakan penduduk pribumi. Selain itu Belanda juga melirik kekayaan mineral . Jejak kegiatan penambangan yang dilakukan Belanda selama berkuasa di Indonesia masih dapat dijumpai mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi.
Namun jauh sebelum Belanda datang, Nusantara sudah terkenal akan kekayaan emasnya. Emas sebagai salah satu komoditas tambang sudah dikenal dan diusahakan di Nusantara sejak lebih dari seribu tahun yang lalu. Selain situs tambang, banyak artefak yang ditemukan para arkeolog yang terbuat dari logam mulia berupa emas dam perak, baik berupa mahkota, perlengkapan peribadatan, perhiasan, hingga peralatan sehari-hari.  Mitos atau legenda dengan emas menjadi bagian dari kisahnya, masih dituturkan hingga kini. Secara empiris hal tersebut membuktikan bahwa sejak dahulu, beberapa daerah di negri ini pernah menjadi pusat penambangan emas, pengrajin emas, hingga perdagangan emas.

Pusat tambang tertua Nusantara diantaranya berada di Sumatera.  Menurut M.J. Crow dan T.M. van Leeuwen, jalur emas Sumatra berhimpitan dengan garis patahan karena adanya peristiwa geologi. Proses mineralisasi ini terjadi berbarengan dengan munculnya basur magma sepanjang Bukit Barisan. Interaksi magma dengan batuan dasar pada tekanan tertentu sehingga membentuk zona ubahan pada batuan induk lava dan tufa yang kemudian berperan sebagai batuan induk kaya mineral ( host rock ), termasuk emas dan perak . Logam mulia tersebut banyak ditemukan disekitar kawasan Bukit Barisan seperti Martabe, Rawas, Bangko, Lebong, dan Mandailing. Hal ini menjadikan pulau Sumatra terkenal dengan sebutan SWARNADWIPA. Yang dalam bahasa Sanskerta berarti "Pulau Emas" seperti yang tertera pada prasasti Nalanda, tahun 860 Masehi.


Perusahaan tambang Belanda, baik milik pemerintah maupun swasta baru mulai melakukan kegiatan penambangan di Bengkulu setelah ditemukannya formasi Lebong pada tahun 1890. Penambangan emas dan perak  yang tertua diantaranya dilakukan oleh perusahaan Mijnbouw Maatschappij Redjang Lebong dan Mijnbouw Maatschappij Simau berada di Lebong, Bengkulu. Kedua perusahaan itu merupakan penyumbang terbesar ekspor emas perak Hindia Belanda. Misalnya, pada tahun 1919 perusahaan Mijnbouw Maatschappij Redjang Lebong menghasilkan 659 kg/emas dan 3.859 kg/perak, dan perusahaan Mijnbouw Maatschappij Simau menghasilkan 1.111 kg/emas dan 8.836 kg/perak. Setidaknya dua perusahaan ini berhasil meraup 130 ton emas selama berproduksi kurang dari setengah abad (1896-1941)
Jejak-jejak sisa penambangan yang dilakukan Belanda di Bengkulu masih dapat ditemui di Ulu Ketenong, Tambang Sawah, Lebong Donok, Lebong Simpang, Lebong Tandai.


DAERAH TAMBANG PERAK DI INDONESIA

selain PT FREEPORT berikut ini adalah daerah tambang perak di indonesia

Batu Hijau (Nusa Tenggara Barat)

Tasikmalaya dan Jampang (Jawa Barat)

Simao (Bengkulu)

Logos (Riau)

Meulaboh (Nangroe Aceh Darusalam) 



SENI KERAJINAN PERAK DI INDONESIA


Seni kerajinan perak di indonesia sebagai perhiasan bisa di temui di beberapa kota ,seperti jogjakarta ( kota gede ) , Bali , dan kendari sulawesi tenggara.


                                            
                                         seni perak celuk bali




Tidak ada komentar:

Posting Komentar